Moda Transportasi Efektif dan Efisien di Jepang
Moda transportasi
merupakan istilah yang digunakan untuk menyatakan alat angkut yang digunakan
untuk berpindah tempat dari satu tempat ke tempat lain. Moda yang biasanya
digunakan dalam transportasi dapat dikelompokkan atas moda yang berjalan di
darat, berlayar di perairan laut dan pedalaman, serta moda yang terbang di
udara. Moda yang di darat juga masih bisa dikelompokkan atas moda jalan, moda
kereta api dan moda pipa.
Transportasi
merupakan bagian yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan manusia. Terdapat
hubungan erat antara transportasi dengan jangkauan dan lokasi kegiatan manusia,
barang-barang dan jasa. Dalam kaitan dengan kehidupan manusia, transportasi
memiliki peranan signifikan dalam aspek-aspek sosial, ekonomi, lingkungan,
politik dan pertahanan keamanan. Dalam aspek perekonomian, transportasi
mempunyai pengaruh yang besar. Bahkan data menunjukan salah satu kendala yang
dihadapi dalam kalangan industri adalah sektor transportasi.
Kini
kita akan membahas moda transportasi modern, efektif, dan efisien yang salah
satunya Negara yang memiliki moda transportasi modern di dunia yaitu moda
transportasi di Jepang. Jepang memiliki sistem transportasi yang menjadi salah
satu yang paling maju di dunia. Jasa perkeretaapiannya saja sudah mencakup
hampir semua tempat tujuan yang memungkinkan. Selain itu, terdapat sistem jalan
bebas hambatan nasional dan juga jasa penerbangan domestik yang maju. Bus dan
taksi tersedia setiap saat di kota-kota, sedangkan kapal ferry menghubungkan
Tokyo, Osaka dan Kobe dengan pelabuhan-pelabuhan utama di Hokkaido dan Kyushu.
Kereta Api
Perusahaan
kereta api Jepang di antaranya Japan Railways (JR) merupakan grup yang terdiri
dari 6 perusahaan kereta api yang mencakup seluruh negeri, dan juga berbagai
perusahaan yang beroperasi di banyak kota-kota besar. JR sangat dikenal dengan
ketepatan waktunya yang luar biasa, dengan kereta api-kereta api yang sangat
sibuk beroperasi di Tokyo commuter line-nya, yang berhenti di stasiun-stasiun
setiap 1,5 menit selama masa-masa sibuk.
Dan
tentu saja, Shinkansen atau “Kereta Api Peluru”nya memberikan perjalanan sangat
cepat dan terpercaya ke hampir semua tempat di Jepang. Jaringannya terdiri dari
Tokaido Line, Sanyo Line, Kyushu Line, Tohoku Line, Nagano Line, Akita Line,
Yamagata Line dan Joetsu Line. Jasa jarak jauh JR di antaranya super express
(ekspres super), limited express (ekspres terbatas), express, berth (kereta
tidur) dan reserved seat (tempat duduk yang dipesan) dengan biaya yang beragam
tergantung dari jarak dan jenis jasanya. Untuk kereta api dalam kota, belilah
tiket untuk kereta api lokal di mesin penjualan tiket di setiap stasiun, dan
pergilah ke Ticket Reservation Offices (Kantor Pemesanan Tiket)
(“Midori-no-madoguchi”) untuk tiket dengan kelas yang berbeda, dan juga untuk
perjalanan jarak jauh.
Kereta atau Trem adalah Alat
transportasi yang paling praktis di Jepang. Di dalam kota banyak terdapat
kereta yang berjalan on-time tiap sepuluh menit sekali. Jenis kereta ada tiga,
yaitu Densha disebut juga kereta listrik yang berjalan di permukaan tanah dalam
kota. Chikatetsu disebut sebagai kereta bawah tanah. Dan terakhir Shinkansen ang
disebut sebagai kereta peluru atau kereta api super cepat antar kota yang mulai
diperkenalkansejak tahun 1964 sebagai kereta tercepat di dunia saat itu.
Salah satu Shinkansen tercepat
dewasa ini adalah kereta Asama yang melaju antara Tokyo dan Nagano dengan jarak
tempuh 662 km/jam. Meskipun jalur kereta sangat banyak, tetapi Departemen
Perkereta-apian Jepang mampu mengatur jadwal dengan baik dan akurat. Masyarakat
Jepang lebih memilih transportasi umum daripada mobil pribadi. Mobil pribadi
menurut mereka tidak praktis, tarif pajak kendaraan pribadi juga di Jepang
terbilang cukup tinggi. Kecuali mereka gunakan untuk keperluan rekreasi. Salah
satu strategi pemerintah untuk mengurangi polusi kendaraan adalah dengan
menaikkan pajak kendaraan, tetapi konsekuensinya pemerintah memberi jaminan
pelayanan transportasi umum yang sangat nyaman dan praktis.
BUS
Bus adalah salah satu moda
transportasi darat yang cukup menjadi primadona di Jepang. Di Jepang, bus
melayani hampir 24 jam. Ada beberapa perusahaan yang menjadi penyedia layanan
bus di Jepang, yaitu: JR Bus, Willer Express, Nishitetsu, Nohi Bus, Fujikyu
Bus, dan Keio Bus. Diantara perusahaan-perusahan tersebut yang terbesar adalah
JR Bus dan Willer Express. Hanya saja Willer Express lebih banyak meneyediakan
jasa transportasi travel. JR Bus mengakomodirbeberapa wilayah: Hokkaido,
Tohoku, Kanto, Tokai, Nishinihon, Chugoku, Shikoku dan Kyushu.
Bus menyediakan layanan sepanjang
waktu di kota-kota. Hampir semua terminal bus atau tempat pemberangkatan bus
berada di dekat stasiun kereta. Jadwal kedatangan tertera di bagian depan bus
dan apabila tidak mengetahui jurusan keberangkatan bus, bisa bertanya pada
sopir. Untuk naik bus penumpang harus menunggu di halte karena bus dilarang
berhenti di sembarang tempat.
Sopir bus di Jepang terkenal ramah
dan dengan senang hati akan membantu penumpang yang kesulitan. Bahkan jika ada
penumpang yang menggunakan kursi roda, sopir akan mematikan mesin untuk
membantu penumpang tersebut hingga berada di dalam bus. Di dalam bus terdapat
tempat-tempat yang dikhususkan bagi penumpang yang berkebutuhan khusus,
penumpang tua, dan ibu-ibu hamil. Sedangkan ketika hendak meminta sopir untuk
berhenti penumpang dapat menekan tombol yang terletak di sekitar bus untuk
memberi tanda.
Tiket bus dapat dibeli di terminal,
via telepon, convenience store, dan secara online. Saat ini, telah banyak
perusahaan bus yang menyediakan layanan pesan tiket via internet. Untuk harga
tiket bus di Jepang rata-rata ¥200. Ada tiga macam tiket yang disediakan, yaitu:
one way tickets, round trip tickets dan booklets of multiple tickets. Tiket
round trip lebih murah 10% daripada tiket one way. Tetapi untuk membeli tiket
round trip, Kita harus menentukan tujuan dan waktu keberangkatan lebih dulu.
Dengan tiket round trip, waktu kepulangan Kita dari tempat tujuan sekitar 6-10
hari kemudian. Jadi misalkan Kita sampai di tempat tujuan pada hari ini, maka
setelah 6-10 hari kemudian baru Kita dapat memesan tiket round trip dengan
tujuan tempat asal.Tiket booklets of multiple, sama seperti tiket round trip,
tetapi tiket booklets of multiple dapat merangkap 4-5 tiket sekaligus. Dan
tiket dapat dibeli tiga bulan sebelumnya.
Transportasi Udara
Saat ini Jepang telah memiliki 98
bandara. Gerbang penghubung antara negara Jepang dengan dunia internasional
adalah Bandara Internasional Chubu Centrair di Nagoya, Bandara Internasional
Kansai yang terletak di Osaka, dan Bandara Internasional Narita di Tokyo. Untuk
hubungan domestik utama dilayani oleh Bandara Internasional Narita di Tokyo, yang
merupakan bandara tersibuk di Asia dan merupakan bandara tersibuk ke-4 di
dunia!
Bandara-bandara terseburt adalah
bandara internasional terbesar di Jepang, dengan peringkat pertama adalah
Bandara Internasional Narita di Tokyo, dilanjutkan oleh Bandara Internasional
Kansai di Osaka, dan yang ketiga adalah Bandara Internasional Henada di
Tokyo.
Kesimpulan
Jika dibandingkan system Trasportasi
yang ada di Indonesia sangat jauh berbeda dengan Jepang, maka dari itu jika Indonesia
ingin mempunyai moda transportasi yang aman, efektif, efisien, dan manusiawi seperti
Jepang, Indonesia harus memperbaiki system transportasi tersebut dan perlu
adanya inovasi baru untuk membangun transportasi yang baik. Pemerintah harus
mampu mengendalikan masyarakat untuk beralih meggunakan transportasi umum tentu
dengan perbaikan transportasinya. Jika masyarakat telah merasa nyaman dan aman
menggunakan transportasi umum maka tidak sulit dalam usaha pengembangannya.
Sumber :
Komentar
Posting Komentar