Moda Transportasi Efektif dan Efisien di Jepang



Moda transportasi merupakan istilah yang digunakan untuk menyatakan alat angkut yang digunakan untuk berpindah tempat dari satu tempat ke tempat lain. Moda yang biasanya digunakan dalam transportasi dapat dikelompokkan atas moda yang berjalan di darat, berlayar di perairan laut dan pedalaman, serta moda yang terbang di udara. Moda yang di darat juga masih bisa dikelompokkan atas moda jalan, moda kereta api dan moda pipa.

Transportasi merupakan bagian yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan manusia. Terdapat hubungan erat antara transportasi dengan jangkauan dan lokasi kegiatan manusia, barang-barang dan jasa. Dalam kaitan dengan kehidupan manusia, transportasi memiliki peranan signifikan dalam aspek-aspek sosial, ekonomi, lingkungan, politik dan pertahanan keamanan. Dalam aspek perekonomian, transportasi mempunyai pengaruh yang besar. Bahkan data menunjukan salah satu kendala yang dihadapi dalam kalangan industri adalah sektor transportasi.

Kini kita akan membahas moda transportasi modern, efektif, dan efisien yang salah satunya Negara yang memiliki moda transportasi modern di dunia yaitu moda transportasi di Jepang. Jepang memiliki sistem transportasi yang menjadi salah satu yang paling maju di dunia. Jasa perkeretaapiannya saja sudah mencakup hampir semua tempat tujuan yang memungkinkan. Selain itu, terdapat sistem jalan bebas hambatan nasional dan juga jasa penerbangan domestik yang maju. Bus dan taksi tersedia setiap saat di kota-kota, sedangkan kapal ferry menghubungkan Tokyo, Osaka dan Kobe dengan pelabuhan-pelabuhan utama di Hokkaido dan Kyushu.

Kereta Api
Perusahaan kereta api Jepang di antaranya Japan Railways (JR) merupakan grup yang terdiri dari 6 perusahaan kereta api yang mencakup seluruh negeri, dan juga berbagai perusahaan yang beroperasi di banyak kota-kota besar. JR sangat dikenal dengan ketepatan waktunya yang luar biasa, dengan kereta api-kereta api yang sangat sibuk beroperasi di Tokyo commuter line-nya, yang berhenti di stasiun-stasiun setiap 1,5 menit selama masa-masa sibuk.

Dan tentu saja, Shinkansen atau “Kereta Api Peluru”nya memberikan perjalanan sangat cepat dan terpercaya ke hampir semua tempat di Jepang. Jaringannya terdiri dari Tokaido Line, Sanyo Line, Kyushu Line, Tohoku Line, Nagano Line, Akita Line, Yamagata Line dan Joetsu Line. Jasa jarak jauh JR di antaranya super express (ekspres super), limited express (ekspres terbatas), express, berth (kereta tidur) dan reserved seat (tempat duduk yang dipesan) dengan biaya yang beragam tergantung dari jarak dan jenis jasanya. Untuk kereta api dalam kota, belilah tiket untuk kereta api lokal di mesin penjualan tiket di setiap stasiun, dan pergilah ke Ticket Reservation Offices (Kantor Pemesanan Tiket) (“Midori-no-madoguchi”) untuk tiket dengan kelas yang berbeda, dan juga untuk perjalanan jarak jauh.
Kereta atau Trem adalah Alat transportasi yang paling praktis di Jepang. Di dalam kota banyak terdapat kereta yang berjalan on-time tiap sepuluh menit sekali. Jenis kereta ada tiga, yaitu Densha disebut juga kereta listrik yang berjalan di permukaan tanah dalam kota. Chikatetsu disebut sebagai kereta bawah tanah. Dan terakhir Shinkansen ang disebut sebagai kereta peluru atau kereta api super cepat antar kota yang mulai diperkenalkansejak tahun 1964 sebagai kereta tercepat di dunia saat itu.
Salah satu Shinkansen tercepat dewasa ini adalah kereta Asama yang melaju antara Tokyo dan Nagano dengan jarak tempuh 662 km/jam. Meskipun jalur kereta sangat banyak, tetapi Departemen Perkereta-apian Jepang mampu mengatur jadwal dengan baik dan akurat. Masyarakat Jepang lebih memilih transportasi umum daripada mobil pribadi. Mobil pribadi menurut mereka tidak praktis, tarif pajak kendaraan pribadi juga di Jepang terbilang cukup tinggi. Kecuali mereka gunakan untuk keperluan rekreasi. Salah satu strategi pemerintah untuk mengurangi polusi kendaraan adalah dengan menaikkan pajak kendaraan, tetapi konsekuensinya pemerintah memberi jaminan pelayanan transportasi umum yang sangat nyaman dan praktis.
BUS
Bus adalah salah satu moda transportasi darat yang cukup menjadi primadona di Jepang. Di Jepang, bus melayani hampir 24 jam. Ada beberapa perusahaan yang menjadi penyedia layanan bus di Jepang, yaitu: JR Bus, Willer Express, Nishitetsu, Nohi Bus, Fujikyu Bus, dan Keio Bus. Diantara perusahaan-perusahan tersebut yang terbesar adalah JR Bus dan Willer Express. Hanya saja Willer Express lebih banyak meneyediakan jasa transportasi travel. JR Bus mengakomodirbeberapa wilayah: Hokkaido, Tohoku, Kanto, Tokai, Nishinihon, Chugoku, Shikoku dan Kyushu.

Bus menyediakan layanan sepanjang waktu di kota-kota. Hampir semua terminal bus atau tempat pemberangkatan bus berada di dekat stasiun kereta. Jadwal kedatangan tertera di bagian depan bus dan apabila tidak mengetahui jurusan keberangkatan bus, bisa bertanya pada sopir. Untuk naik bus penumpang harus menunggu di halte karena bus dilarang berhenti di sembarang tempat. 

Sopir bus di Jepang terkenal ramah dan dengan senang hati akan membantu penumpang yang kesulitan. Bahkan jika ada penumpang yang menggunakan kursi roda, sopir akan mematikan mesin untuk membantu penumpang tersebut hingga berada di dalam bus. Di dalam bus terdapat tempat-tempat yang dikhususkan bagi penumpang yang berkebutuhan khusus, penumpang tua, dan ibu-ibu hamil. Sedangkan ketika hendak meminta sopir untuk berhenti penumpang dapat menekan tombol yang terletak di sekitar bus untuk memberi tanda.

Tiket bus dapat dibeli di terminal, via telepon, convenience store, dan secara online. Saat ini,  telah banyak perusahaan bus yang menyediakan layanan pesan tiket via internet. Untuk harga tiket bus di Jepang rata-rata ¥200. Ada tiga macam tiket yang disediakan, yaitu: one way tickets, round trip tickets dan booklets of multiple tickets. Tiket round trip lebih murah 10% daripada tiket one way. Tetapi untuk membeli tiket round trip, Kita harus menentukan tujuan dan waktu keberangkatan lebih dulu. Dengan tiket round trip, waktu kepulangan Kita dari tempat tujuan sekitar 6-10 hari kemudian. Jadi misalkan Kita sampai di tempat tujuan pada hari ini, maka setelah 6-10 hari kemudian baru Kita dapat memesan tiket round trip dengan tujuan tempat asal.Tiket booklets of multiple, sama seperti tiket round trip, tetapi tiket booklets of multiple dapat merangkap 4-5 tiket sekaligus. Dan tiket dapat dibeli tiga bulan sebelumnya. 

Transportasi Udara
Saat ini Jepang telah memiliki 98 bandara. Gerbang penghubung antara negara Jepang dengan dunia internasional adalah Bandara Internasional Chubu Centrair di Nagoya, Bandara Internasional Kansai yang terletak di Osaka, dan Bandara Internasional Narita di Tokyo. Untuk hubungan domestik utama dilayani oleh Bandara Internasional Narita di Tokyo, yang merupakan bandara tersibuk di Asia dan merupakan bandara tersibuk ke-4 di dunia!

Bandara-bandara terseburt adalah bandara internasional terbesar di Jepang, dengan peringkat pertama adalah Bandara Internasional Narita di Tokyo, dilanjutkan oleh Bandara Internasional Kansai di Osaka, dan yang ketiga adalah Bandara Internasional Henada di Tokyo. 

Kesimpulan
Jika dibandingkan system Trasportasi yang ada di Indonesia sangat jauh berbeda dengan Jepang, maka dari itu jika Indonesia ingin mempunyai moda transportasi yang aman, efektif, efisien, dan manusiawi seperti Jepang, Indonesia harus memperbaiki system transportasi tersebut dan perlu adanya inovasi baru untuk membangun transportasi yang baik. Pemerintah harus mampu mengendalikan masyarakat untuk beralih meggunakan transportasi umum tentu dengan perbaikan transportasinya. Jika masyarakat telah merasa nyaman dan aman menggunakan transportasi umum maka tidak sulit dalam usaha pengembangannya.

Sumber :

Komentar

Postingan Populer